Jumat, 08 Februari 2013

Alasan Kenapa Kaki Bisa Kesemutan

Pernahkah kamu merasa kakimu seperti ditusuk ratusan jarum kecil? Ya, semua orang pernah mengalaminya, walaupun hanya sekali. Meski tidak berbahaya, tentu hal ini menimbulkan rasa tidak nyaman untuk kita.
Pada dasarnya, hal itu berhubungan dengan sirkulasi darah ditubuh kita. Banyak yang mengatakan kesemutan terjadi disebabkan karena terlalu lama duduk, itu hampir benar. Lebih tepatnya, ketika kita menyilangkan atau menekuk kaki. Apakah kalian merasa kesemutan ketika duduk dengan posisi kaki lurus dalam waktu lama? Tentu tidak. Apakah kalian pernah merasakan kesemutan ditangan? Tentu hal itu sama sekali tidak berhubungan dengan duduk.
Setiap kali kita menyilangkan kaki atau menekuk kaki terlalu lama, saraf-sarafnya ikut tertekuk sehingga untuk sementara waktu sirkulasi darah pada daerah itu melambat. Tetapi karena jantung tetap berdetak konstan dan darah tetap mengalir dengan normal dibagian tubuh yang lain, peredaran darah terhambat! Ini sama halnya dengan ketika kita membuat istana pasir dipantai, meskipun kita telah berkali-kali membangun benteng untuk melindunginya, ombak tetap menerjang dan mencoba menghancurkannya.
Saat kamu meluruskan kakimu atau mengubah posisi, darah yang menunggu untuk bersirkulasi menekan pembuluh darah dengan sangat kuat menyebabkan saraf iritasi dan membuat sensasi geli yang tak nyaman. Hingga sirkulasi darah kembali normal, tak ada yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan sensasi itu: memijat, melompat atau menggoyang-goyangkannya tak akan membuat kakimu kembali normal lebih cepat. Walaupun benar jika hal tersebut dilakukan akan mengalihkan rasa tidak nyaman itu sampai sirkulasi darah kembali normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar